Prospek Bisnis Distro
Daftar Isi
- Pengertian Distro
- Tips Memulai Bisnis Distro
- Rincian Modal & Total Biaya Operasional Bisnis Distro
- Manajemen Bisnis Untuk Menjamin Kesuksesan Usaha Distro
1. Pengertian Distro
Distro
atau Distribution outlet adalah tempat atau toko untuk menjual berbagai
fashion, misalnya kaus, kemeja, celana panjang, jaket, topi, dompet dan
sebagainya. Saat ini, distro sudah banyak dijumpai di berbagai kota di
lokasi-lokasi strategis, khususnya yang dekat dengan pasar keramaian
atau tempat nongkrong anak muda. Pangsa pasar yang masih terbuka lebar
inilah yang membuat distro semakin marak dijadikan sebagai bisnis oleh
para pengusaha di luar sana. Banyaknya minat anak muda terhadap
kebutuhan fashion membuat peluang usaha di bidang distro terbuka lebar,
tidak hanya bagi orang dewasa, namun juga bagi kamu yang masih remaja.
Berbicara
tentang peluang usaha jualan baju distro memang sangat menjanjikan, hal
itu di dorong dengan teknologi semakin canggih membuat desain-desainnya
semakin unik dan cantik. Masalah kualitas pun tak perlu diragukan lagi,
halus tidak mudah robek. Pada umumnya, banyak pelaku usaha ini pada
awalnya hanya menjual tidak memproduksi sendiri. Seperti menjual produk
orang lain atau disebut sebagai dropship, dan menyerahkan produksinya ke
pengusaha konveksi atau disebut sebagai vendor. Sementara pelaku usaha
distro fokus pada pembangunan brand. Sehingga anda pun bisa konsentrasi
100 persen memikirkan promosi dan penjualan. Nah, untuk merek clothing
yang baru dirintis sebaiknya memasarkan produknya dengan sistem jual
atau titip di toko distro khusus.
2. Tips Memulai Bisnis Distro
Dalam segala hal selalu diperlukan tips agar kita tidak salah langkah ketika memulai sebuah pekerjaan maupun bisnis. Begitupun dengan bisnis distro. Beberapa hal yang bisa dijadikan tips dalam berbisnis distro di antaranya :
- Memilih lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan pusat perbelanjaan, pusat keramaian, kampus, sekolah dan tempat nongkrong anak muda.
- Mencari pemasok yang mau diajak bekerja sama memasok produk fashion ke distro dengan harga yang lebih rendah namun kualitasnya bagus
- Menjual produk fashion yang banyak diminati pasar dan sedang tren di kalangan anak muda
- Menghindari memasang harga yang terlalu mahal untuk semua produk fashion yang dijual supaya cepat laku
- Melakukan branding agar mudah dikenal banyak orang
- Menjual tema atau konsep yang unik
3. Rincian Modal dan Total Biaya Operasional Bisnis Distro
Setelah tau apa yang harus dilakukan, diperlukan realisasi. Realisasi yang matang memerlukan suatu perhitungan dan rincian yang tepat. Berikut contoh perhitungan untuk memulai bisnis distro.
No
|
Modal Awal
|
Biaya
|
1
|
Rak lemari dan
hanger
|
Rp 2.300.000,00
|
2
|
Meja dan kursi
kasir
|
Rp 350.000,00
|
3
|
Speaker dan alar
pemutar musik
|
Rp 800.000,00
|
4
|
Papan iklan distro
|
Rp 400.000,00
|
Total Modal
|
Rp 3.850.000,00
|
|
No
|
Biaya Operasional
|
Biaya
|
1
|
Produk fashion
(semua jenis yang trend)
|
Rp 6.800.000,00
|
2
|
Sewa tempat per
bulan
|
Rp 500.000,00
|
3
|
Gaji pegawai 1
orang
|
Rp 750.000,00
|
4
|
Listrik, telepon
dan lain-lain
|
Rp 200.000,00
|
Total Biaya Operasional
|
Rp 8. 250.000,00
|
|
No
|
Potensi Pendapatan
|
|
1
|
Penjualan produk
fashion
= Rp 400.000,00/hari x 30 hari
|
Rp 12.000.000,00
|
Keuntungan Per Bulan
Potensi Pendapatan
– Total Biaya Operasional
= Rp 12.000.000,00
– Rp 8.250.000,00
|
Rp 3.750.000,00
|
4. Manajemen Bisnis Untuk Menjamin Kesuksesan Usaha Distro
Seperti kata pepatah "The art of effective listening is essential to clear communication, and clear communication is necessary to management success" -James Cash Penney. Jadi kitapun perlu mengendalikan bisnis agar meraih kesuksesan. Berikut beberapa faktor untuk membangun kesuksesan tersebut, yaitu :
- Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, agar pelanggan merasa puas dan selanjutnya mau menjadi pelanggan yang royal
- Membuat rancangan display yang menarik, sehingga produk fashon yang dijual terlihat sangat menarik dan cocok untuk dibeli (Pastikan desain tempat / toko distro anda unik dan terkesan elegan, agar konsumen penasaran,)
- Sesekali mengadakan konser mini atau kecil di depan distro dengan menyuguhkan lagu-lagu khas anak muda, agar distro anda semakin dikenal di kalangan anak muda yang menjadi sasaran utamanya.
- Kepuasan konsumen merupakan kunci utama meraih kesuksesan, maka dari itu berikan layanan yang terbaik agar binsis distro anda ramai.
Berbisnis
ini memang membutuhkan modal yang cukup besar agar perputarannya juga
lebih cepat. Tapi, bukan berarti kalau tidak punya modal anda tidak bisa
memulainya. Ada cara yang bisa anda lakukan tanpa harus mengeluarkan
banyak modal, asalkan anda punya kemampuan desain grafis dan punya
konsep unik. Sistem Pre Order (PO), yang merupakan cara punya
usaha tanpa modal besar. Artinya, kaos diproduksi setelah ada membelinya
tentu dengan minimal yang ditentukan. Bagaimanakah caranya :
- Pilih konveksi yang mau diajak kerjasama sesuai dengan kebutuhan anda saat ini
- Membuat desain atau mengangkat tema dan konsep desain yang unik
- Mempromosikan dengan berbagai media online dan offline
Sumber :
- http://modalbisnislarismanis.blogspot.co.id/2016/01/meraup-laba-peluang-bisnis-distro-murah-modal-10-juta.html
Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
ReplyDeleteTshirt Dakwah Quote
Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
Punya Pasangan Sempurna Nggak Indah Kelihatannya